Panduan Merakit WajanBolik

UJI COBA MEMBUAT SENDIRI WIRELESS ANTENNA WAJAN BOLIC
DENGAN USB D-LINK DWL-G120

A.) Langkah awal adalah mempersiapkan bahan.
1 buah Wajan penggorengan diameter 36* cm
1 batang Pipa paralon diameter 1” panjang +/- 50* cm
2 buah Tutup pipa paralon paralon diameter 1”
1 buahKlem Antenna
1 buahBesi siku untuk rangka Klem Antenna
2 buahBaut + Sekrup diameter 1 cm
1 buahKaleng Susu bekas + Tutup Plastik
1 buahUSB Wireless D-Link DWL-G120 + USB Cable
1 buahUTP Cable CAT 5E panjang maximum 20 M

B.) Mempersiapkan peralatan tukang.

C.) Melakukan perhitungan berdasarkan teori sebagai berikut:
Untuk mencari jarak Fokus untuk Feeder

f = D^2 / (16*d)

Contoh hasil bisa di lihat di http://my.opera.com/m4m4n/albums/show.dml?id=158489

Tulisan diatas diambil dari http://my.opera.com/m4m4n/blog/membuat-antenna-wireless-dari-wajan-boli

83 gagasan untuk “Panduan Merakit WajanBolik

  1. yAng mO sayA tanyakan..
    kelemahan dAri wAjanboLic itu sendiri??
    dAn jikA hujAn lebat apA berpengaruh terhadap sinyal frekuensi wi-fi..

  2. Hi, informasi anda menarik banget, kebetulan saya lagi nyari cara tuk nguatin sinyal 3,5 G…saya pake modem USB 3,5G IM2, kira2 itu bisa gak yah, soalnya daerah saya belum ke cover ama 3,5 G nya…tks

  3. Gimana yang tinggal di Gorontalo Sulawesi bisa mendapatkan wajanbolik? Selain itu, sebagai informasi, sekolah terdekat yang sudah terpasang perangkat jardiknas sekitar 30 km, apa sekolah saya bisa menerima signal dari sekolah tersebu?soalnya kalo menunggu jardiknas masuk sekolah saya mungkin sampai lebaran monyet gak dipasang@. Maksih

  4. saya sudah perna melakukan percobaan ini, tp coneknya hanya bisa saat mlm atau hari lbur aj.
    jd menurut anda kesalahannya terletak d mana dan solusinya gimana?

  5. Bos Kalo Buat Test signal wifinya pake apa?? klo net stumbler gmN??
    trus saya mo tanya aklo jarak penerimaan signal berapa jauh ??? trim’s

  6. kalo untuk setting wajan bolik apa sama dengan setting wifi yg lain

    dan bagaimana carnaya memblock ip untuk speedy
    thank’s

  7. kalau mau cari wajannya astro yang udah bekas dimana ya, oh harganya juga berapa. eh lup[a astrto itu udah bangkrut atau belum, kalau udah berarti wajannya pada di buang

  8. Bagus, cuma saya belum paham dan cara pembuatannya diperlihatkan dengan detail dong, dan bisa tidak wajanbolik ini di pakai untuk pc bukan laptop

    mohon jawabannya segera

  9. wajanbolik,mau tuh,harga yang saudah jadi berapa ya…
    kalo ada yang jual info ke e-mail saya dong….
    saya di Purwokerto

  10. kang m4m4n… aku mau buat wajanbolik tapi aku ga ngerti rumus-rumusan (ga paham) bisa bimbing aku tanpa rumus ga?……………….

  11. Boleh tuh wajanboliknya,hotspot free kurang lebih 1,5 km dari rumahku,kira2 wajanboliknya bisa nangkap sinyal wifi-nya ga’ ya? Aku di Palangkaraya-kalteng.Kalau ada info-nya yang jual wajanbolik,kase tau ke emailku y? widdea_79@yahoo.co.id

  12. Teman2 jangan lupa dong ma yang ngebuat pertamanya mas e-goen. ok biar ga disangka kita suka ngerampas hak cipta orang lain gitu…

  13. salam kenal, gw mohon bantuan nih mas. gw rakit antenanya pake antenadbekas indovision, kabel lan 10 mtr, usb wirelesD-Link, usb wirelessnya dah detect di CPU, tp ga’ nerima sinyal. mohon pencerahan.

  14. wajan..wajan..wajannya hilaaang..!!!gmana qt mo goreng telur..???(itulah slh satu kasus)
    tp bgmanapun juga salut deh buat yg ciptain.Kreatip Boz!!2 jmpol bwt U..he5

  15. g’ crx merakit wajan bolik? so tugasq disuruh merakit wajan bolik, q kuliah amik tomakaka mamuju (sulbar)

  16. saya udah coba bikin antene wajan bolik tapi d pake d laptop g ke detek gimana ya, kalau pk destop mah ok, tolong donk kasih info mksih. saya pake win xp sp2 dan vista ultimate

  17. Kenapa pada kabel UTP panjang dengan panjang 6 m, wireless tidak terbaca. Bagaimana caranya agar sambungan kabel USB dengan UTP panjang 20 m dapat terbaca? Trims sebelumnya.

  18. aku baru mau buat wajan bolik tapi masih bingung ukuran2′y bisa tolong bantu ga ya””/to email..terimakasih….

  19. trus klw boleh tahu,aku kan punya smart d1200p
    trus signal di tempatku kurang bagus kadang ada kadang ilang….nah klw untuk nyambungin pke antena keluar gimana ya …mksh.

  20. makasih ifrmasinya, kalau bisa lebih detail lagilah cara pembuatannya agar saya bisa membuatnya dgn mudah

  21. thank’s ya mas atas bimbingannya, tapi aku ada beberapa pertanyaan neh:
    1. berapa kemampuan jarak wajanbolik bisa menangkap sinyal??
    2. trus estimasi biayanya berapa????
    3. kalo beli bisa gak ya??? harganya brapa????

  22. kk,, tolong bantu saya dong !!

    Saya butuh duit buat kuliah,, saya gak mau ngerepotin orang lagi.
    jadi bagi saya yang anak kuliah dan di daerah kampus banyak hotspot. Saya pikir kosan sekitar kampus pada tertarik dengan wajan bolik ini dan saya ingin mengambil kesempatan itu buat mencari uang supaya saha bisa hidup mandiri.

    saya minta dijelaskan lebih detail dong ya kk !! terima kasih..
    saya tunggu penjelasannya di email saya : http://www.idhodhido@gmail.com

  23. Mas…
    untuk harga wireless DLink nya berapa n jarak jangkau maksimal pke wajan bolic berapa Km???
    Thank’s…

  24. mas tlg tanya aq sdh membuat wajan bolik dan banyak yang masuk tapi singanya hanya 1 jd lemah sekali,apa yang salah dg wajan bolik ku dan bgmn cara meningkatkan signalnya makasih mas

  25. bgaimana cara dpat USB antena tuk buat WAJAN holik antena dng G spot akses brapa harga klo beli…? juga pa bisa untuk ponsel fitur WI-FI

  26. apa bnar jika dkat WARnet /ada WI-fi akses radius max. 2kilo meter juga bisa dapat INTERNETan gratis G spot WI-FI karna diKUDUS tempat saya skarang banyak Warnet

  27. jika di E-LIFE style pernah tayang cara yamg sama apa nara sumbernya sama dapatkah beli dibengkel2 Wifi computer smua shofteknya(perangkat elekteriknya) karna signal WIFI jika pakai PONSEL kadang ada kadang gak ada atau BLINK…..

  28. saya baca banyak yang kesulitan buatnya,jika benar sama dng di Elife style katanya cuma 300Ribuan dan ada antena OUTput signal agar signal bisa RUN.. saat kirim pesan ke OPERATER Wi-fi Gspot apa benar ?kalau bisa tolong dikasih tahu secara detail, dan apa benar WAJAN HOLIK ini temuan dari univercity Muhammadiyah Malang.

  29. thank atas kehadiran wajan bolik, saya pengen membuat dan menjalankannya mohon petunjuknya atas bantuannnya diucapkan banyak terima kasih

  30. sudah dicoba pake usb cable bawaan hasilnya ok, tapi setelah diperpanjang pake utp cable 20 m, muncul pesan ‘recognice device’, di cek pada device manager ‘usb unknown’, mohon pencerahannya..

  31. Ping-balik: Ngak bisa Konek ? « Kang Tristanto's Blog

  32. waahh .. mamah ku nantik pake wajan apa yaaa :O
    wajan M A H A L CO Y!
    .pokok.e jgn wajan.e mama nnt mama goreng pke appa gg makan la.an?

    ——-MATI NAAAAKKKK!!!——

  33. Saya cukup tertarik dgn cawan bolic, cuma saya masih bingung brapa pling jauh jangkauan cawan bolic..
    N brapah jauh jangkauannya seandainya saya mnggunakan wanjan bekas parabola

Tinggalkan Balasan

