DUAL SIMCARD GSM

StarTech Mobile belum lama ini mengeluarkan ponsel teranyarnya, ST 67. Jika biasanya ponsel yang menganut dual simcard memadukan antara jaringan seluler (GSM) dengan CDMA, ST 67 malah sebaliknya. Ponsel ini memiliki teknologi dua simcard untuk GSM sehingga penggunanya dapat memasukkan dua kartu GSM dalam ponsel secara bersamaan dan berfungsi sekaligus. Memang untuk ponsel yang mengusung dual simcard, Startech bukanlah yang pertama.


Tampil dengan desain candybar, ponsel ini berdimensi 102×54×13 mm dengan berobot 100 gram. Layarnya berukuran 2,6 inci dan sudah menganut model touchscreen alias layar sentuh. Sehingga, sekilas memang nampak seperti PDA. Dengan layar sentuh itu, kemampuan handwritting recorgnitionnya untuk menjalankan aplikasi maupun berkirim pesan melalui SMS, sudah tak perlu diragukan lagi. Apalagi dengan mengusung tema ‘multi coloured mobile’, ST 67 menjanjikan keceriaan dan kekayaan warna pada layarnya. Layar berteknologi TFT 240 x 320 QVGA, membuat ST 67 dapat tampil dengan kedalaman 65 ribu warna.

Tak hanya itu saja, Startech juga membenamkan kemampuan bermusik dengan menyertakan MP3 / MPEG4 player sekaligus kualitas suara 3D stereo sound yang memberikan sentuhan kuat untuk suara. Pasalnya, ada dua speaker yang ditempatkan di bagian belakang ponsel. Ditambah lagi dengan adanya kamera 1,3 mega piksel (MP). Namun, sayangnya tidak dilengkapi dengan lampu kilat (flash) internal. Sehingga penangkapan objek gambar pada situasi yang kurang mendukung seperti under exposure akan sulit dilakukan. Kamera ini tak hanya dapat digunakan untuk mengambil gambar diam, tetapi juga gambar bergerak atau video. Lama perekaman video sesuai dengan kapasitas memori yang ada.

Sayangnya, memori internalnya kurang memadai. StarTech ST 67 hanya menyertakan memori internal sebesar 493 KB saja atau hanya cukup untuk menyimpan kontak sebanyak 300 nomor. Untuk itu StarTech menyediakan slot eksternal memori microSD T-flash pada sisi bawah di dalam casing luar. Kecilnya internal memori mengharuskan anda segera memiliki eksternal memori segera bila ingin menggunakan fitur multimedia lainnya seperti musik dan kamera.

Untuk masalah koneksitas, teknologi Bluetooth turut disertakan pada ponsel pertama StartTech ini. Teknologi Bluetooth pun disertakan untuk membantu mempermudah keperluan transfer data dengan jangkauan sekitar 10 meter. Teknologi ini dapat diakses di menu Stock Service, atau bisa dengan menyetelnya melalui short-key untuk mempermudah anda menggunakannya kelak. Tak lupa koneksi melalui kabel mini USB untuk menyambungkan ponsel ke PC ataunya charging baterai. mth

Dual Simcard dengan Lima Short Key

Pasar ponsel dual simcard ternyata juga menarik perhatian pemain baru Hi-Tech Mobile. Hal ini dibuktikan dengan mengeluaran ponsel terbarunya Hi-Tech H31 yang juga mengusung kemampuan dual simcard GSM secara bersamaan dengan mode on, seperti halnya StarTech 67. Namun, ponsel tetap dapat berfungsi meskipun hanya memasukkan satu sim card saja.

Ponsel berdimensi 100×47×15 mm juga mengadopsi layar sentuh (touch screen) berukuran 2 inci dengan teknologi TFT 262 ribu warna, yang dapat dioperasikan dengan stylus. Bahkan, untuk memudahkan penggunanya, H31 memiliki lima short-key khusus untuk stylus, yang berada tepat di bagian bawah layar untuk mengakses phone book, video player, inbox, music player dan home.

Karena touchscreen, H31 memiliki kemampuan handwriting recognition. Fitur ini menarik karena mampu menterjemahkan gesekan stylus menjadi huruf atau angka di media text untuk SMS. Ponsel ini bahkan mendukung SMS berbahasa Cina. Hanya saja kemampuannya belum sebanding dengan PDA dengan akurasi goresan yang cepat dan tepat pada huruf/angka yang dimaksud.

Kameranya sudah mencapai 2 mega piksel yang dilengkapi dengan sebuah cermin untuk mempermudah saat melakukan memotret diri sendiri. Kamera ini dapat diaktifkan secara langsung tanpa harus masuk ke menu utama. Caranya dengan menekan tombol di sisi kanan ponsel yang memiliki fungsi ganda sebagai short-key untuk mengaktifkan kamera sekaligus sebagai shutter-pad. Ukuran maksimal gambar yang dapat diperoleh yaitu 1280 x 960 pixel. Sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi light internal. Selain fungsi kamera, lensa juga dapat merekam video dengan dua format video yang yaitu H.263 dan MPEG4. Tak hanya perekaman video, Hi-Tech H31 juga mampu merekam suara atau musik di samping memainkan file dengan format MP3

Untuk ukuran ponsel pengusung multimedia, memori yang ditawarkan H31 sangat minimal, hanya menyediakan 194 KB saja, untuk menyimpan satu file MP3 saja jelas tidak muat karena minimal file MP3 1-2 MB. Dipastikan memori eksternal dibutuhkan langsung saat pembelian. Untuk itu memort card microSD dapat kita gunakan untuk mengekplorasi lebih jauh ponsel ini. Namun, ponsel ini tak dapat menyimpan file dalam jumlah besar. Maklum saja, memori internalnya hanya sebesar 194 KB. Penggunanya tentu saja harus menambah kapasitas memori tambahan mengingat Hi-Tech telah menyediakan slot memori eksternal pada handsetnya. (mth)

Sumber : Republika Online

One thought on “DUAL SIMCARD GSM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s