KATARAK & MATA ANDA

     

Katarak adalah suatu keadaan dimana lensa mata menjadi keruh akibat dari berbagai macam penyebab. Biasanya katarak merupakan bagian dari proses pertambahan umur seseorang. Namun dengan teknologi kedokteran modern, katarak tidak lagi merupakan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

 

Berjuta-juta orang telah bebas dari katarak melalui proses operasi mikro yang aman dan nyaman. Pasien bisa langsung pulang ke rumah dan dapat melakukan aktifitas kembali beberapa saat setelah menjalani operasi.

 

Brosur ini akan memberikan informasi umum mengenai katarak serta apa yang terjadi sebelum, pada saat dan sesudah operasi katarak. Dokter spesialis mata anda akan memberikan informasi lebih rinci berkaitan dengan mata anda.

Mata kita bekerja seperti sebuah kamera. Lensa mata yang terletak di dalam mata (di belakang Iris) bertugas memfokuskan cahaya agar membentuk suatu bayangan yang tajam di retina. Retina bekerja seperti film pada sebuah kamera yang berfungsi untuk merekam bentuk bayangan suatu obyek dalam bentuk gambar. Gambar tersebut dihantarkan melalui syaraf optik menuju otak untuk diterjemahkan menjadi sesuatu yang kita lihat.

 

APA YANG DISEBUT KATARAK?

Katarak adalah perubahan lensa mata yang tadinya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh. Katarak menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas. Pada penderita katarak, cahaya sulit mencapai retina sehingga bayangan pada retina menjadi tidak jelas atau kabur. Keadaan ini sama seperti hasil pemotretan yang tidak jelas akibat lensa kamera yang kotor.

 

GEJALA KATARAK

 

Pandangan kabur atau berkabut seperti melihat melalui kaca yang berembun.

Ukuran kaca mata sering berubah.

Sering merasa silau pada siang hari atau pada cahaya yang berlebihan.

Dapat melihat bayangan ganda pada saat mengemudi di malam hari.

 

JENIS-JENIS KATARAK

 

1. Katarak Kongenital

Diderita oleh bayi dan anak-anak yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus pada saat ibu hamil muda.

 

2. Katarak Senilis

Katarak yang disebabkan oleh proses penuaan.

 

3. Katarak Traumatik

Katarak yang disebabkan oleh trauma atau kecelakaan langsung pada mata.

 

4. Katarak Komplikata

Katarak yang disebabkan oleh infeksi atau penyakit tertentu seperti penyakit Kencing Manis.

 

APAKAH ANDA MEMERLUKAN OPERASI?

Perlu tidaknya mata anda dioperasi akan ditentukan dari hasil konsultasi anda dengan dokter spesialis mata. Bila pekerjaan anda memerlukan penglihatan yang tajam maka anda akan lebih membutuhkan operasi lebih dini dibanding dengan mereka yang jenis pekerjaannya kurang memerlukan penglihatan yang tajam.

SEBELUM OPERASI

Sebelum menjalani operasi, beberapa tes rutin akan dilakukan untuk mengetahui keadaan dan kelayakan mata yang akan dioperasi serta kesehatan umum anda disesuaikan dengan kebutuhan jenis operasi tersebut.

 

Mata anda akan diberikan obat tetes. Namun, mungkin juga akan diberi obat minum agar anda merasa santai. Kebanyakan operasi katarak tidak memerlukan pembiusan total karena pembiusan lokal sudah cukup.

 

OPERASI KATARAK

Ada 2 macam teknik yang biasa dilakukan pada operasi katarak, yaitu:

1. Fakoemulsifikasi.

2. Ekstraksi katarak ekstra kapsuler (EKEK).

 

FOKOEMULSIFIKASI

Fakoemulsifikasi adalah teknik yang paling modern. Hanya diperlukan sayatan yang sangat kecil yaitu sekitar 3 mm disisi kornea. Lensa akan dihancurkan menjadi kepingan halus dengan getaran ultrasonik kemudian disedot keluar. Lensa akan diganti dengan lensa intra-okuler yang dapat dilipat/dipilin dan dimasukkan melalui sayatan kecil tadi. Sayatan kecil tersebut dapat pulih dengan sendirinya tanpa memerlukan jahitan sehingga memungkinkan anda cepat beraktifitas normal kembali. Operasinya sendiri memakan waktu kuranglebih 30 menit.

 

EKSTRAKSI KATARAK EKSTRA KAPSULER

Ekstraksi Katarak Ekstra Kapsuler (EKEK) adalah teknik lama dan membutuhkan sayatan yang lebih besar untuk mengeluarkan dan mengganti lensa mata katarak dengan lensa intraokuler yang tidak dapat dilipat. Sayatan kemudian dijahit dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk pulih kembali.

 

PROSES PENYEMBUHAN

Dengan teknik operasi modern anda tidak perlu menginap di rumah sakit. Anda dapat segera mengerjakan aktifitas rutin anda seperti mandi dan cuci rambut, membaca dan kembali bekerja.

 

http://www.klinikmatanusantara.com/katarak.php

9 thoughts on “KATARAK & MATA ANDA

  1. hem..thanks ya..
    taw gak la serba sedikit nie..
    cz papa farah,da maslah nie..
    katarak disebabkan penuan..
    tp papa xmo g wt pmedahan..
    berkemungkinana takot..
    so lau kite xbuat pemeriksaan n pemedahan
    segera, adakah die membawa kepada
    bahaya??macam boleh buta??
    skrg umo papa 51thon..

  2. Umur saya sekarang 38 th. Sejak kecil (SD) saya sudah memakai kacamata & sekrang sudah minus 18. Saya sudah pernah berkonsultasi pada dokter mata & mereka menyarankan supaya saya melakukan operasi ganti lensa. Yang mau saya tanyakan, apakah itu sama dengan operasi katarak? Kemudian yg pernah saya baca bahwa lensa pengganti itu ada dua jenis, monovocal (hanya mengkoreksi jarak jauh) & multivocal (mengkoreksi jauh-dekat). yang cocok buat saya kira-kira yang mana? Terima kasih.

  3. Umur saya 55 tahun, laki-laki, kondisi mata saya kurang baik menggunakan kacamata sejak masuk smp, saat ini minus saya sudah mencapai -18 untuk mata kanan dan -10 untuk mata kiri, di lasik sudah tidak memenuhi syarat, alternatif lain adalah ganti lensa karena ada gejala katarak, apakah mungkin bisa dilaksanakan operasi tersebut ? apa saja yang harus disiapkan selain uang ? adakah resikonya ? terima kasih.

  4. Saya umur dua 25 th…sya mengalmi gguan pda mta sya yg mta bgian dlm tba2 muncul lemk sampai dbola mta yg bgian hitam apa ito termsuk ktarak..tp lensa pda mta sya biasa aja tdk mnimbulkn kbpudaran yg sya tkutkn apa bisa menutupin smua mta sya pa bisa mengkibatkn rabun bgi sya ….gmn cra pengobatn na apa hrus melalui operasi juga..trima ksih saya sangt mmbutuhkn jwabn na..

  5. Small bathroom remodel 1950s kitchening presents its own complications,
    but with the right information about the contractors
    nearer to your residence? Start off with the very inexpensive things, because they can endure the effects of the water pump.
    If you’re going to knock down a wall or two. remodel 1950s kitchens of any kind.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s